Anggraini, Novita and Dewi, Bela Purnama and ., Eliyah (2023) EFEKTIVITAS MEDIA EDUKASI AUDIO VISUAL DAN BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN PREMENOPAUSE, EFIKASI DIRI DAN STRESS PADA WANITA PREMENOPAUSE. Jurnal Kesehatan dan Pembangunan, 13 (25). pp. 95-107. ISSN 2088-5628
Text
Cover.pdf Download (156kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (410kB) |
|
Text
Isi Jurnal.pdf Download (252kB) |
|
Text
Jurnal lengkap.pdf Download (797kB) |
Abstract
Premenopause adalah munculnya tanda- tanda dan gejala awal perubahan dari system tubuh ketika siklus menstruasi mulai tidak teratur. Salah satu cara untuk menyiapkan wanitamenghadapimasapremenopauseiniadalahdengancaramengubahkognitifnyamelaluimemberi edukasi menggunakan audio-visualdan booklet sebagai media.Tujuan penelitian untuk Untuk mengetahui efektivitas media audio visual dan booklet terhadap pengetahuan premenopause, efikasi diri dan stress pada wanita premenopause poli rawat jalan RSUD Kayu Agung tahun 2022 Metode penelitian menggunakan desain penelitian Pre Exsperimental designs) dengan pendekatan with control one design. Hasil penelenitian didapatkan data ada pengaruh media edukasi audio visual dan booklet terhadap pada wanita premenopause dengan nilai p value untukpengetahuan sebesar 0,000 dan nilai p value efikasi diri = 0,000 dan nilai p value untuk stress = 0,000. Audio-visual dan atau booklet tentang premenopause dapat digunakan sebagai media edukasi sebagai upaya meningkatkan pengetahuan wanita premenopause tentang perubahan fisiologis dan psikologis yang terjadi selama masa premenopause, sehingga wanita premenopause menjadi percaya diri dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi. Pada akhirnya wanita premenopause akan mampu mencegah dan mengatasi stres.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Journal Publications > Nursing Science Study Program |
Depositing User: | Novita Anggraini |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 05:07 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 05:07 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/9418 |
Actions (login required)
View Item |