Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Metode Discovery Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Di UNIKA Musi Charitas

Setiahati, Ignasius Putera and ., Lisnani (2016) Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Metode Discovery Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Di UNIKA Musi Charitas. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SERENTAK SE-INDONESIA, Palembang, 30 Maret, Universitas Kader Bangsa, Palembang.

[img] Text
Proceding Unness Ignasius Putera dan Lisnani.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model Group Investigation Dengan Menggunakan Metode Discovery Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar di Unika Musi Charitas. Eggen & Kauchak (dalam Maimunah, 2005: 21) mengemukakan group investigation adalah strategi belajar kooperatif yeng menempatkan mahasiswa ke dalam kelompok untuk melakukan investigasi terhadap suatu topik. Maka dari itu, dalam penelitian ini penulis mengangkat masalah ‖ Adakah pengaruh model group investigation dengan menggunakan metode discovery terhadap keaktifan dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Agama di Universitas Katolik Musi Charitas‖. Hipotesis dalam penelitian ini ada pengaruh model group investigation dengan menggunakan metode discovery terhadap keaktifan dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Agama di Universitas Katolik Musi Charitas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Tes diberikan kepada mahasiswa untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dan angket/kuesioner untuk mengetahui keaktifan belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil tes diperoleh nilai rata-rata kelas yang menggunakan model group investigation dengan metode discovery adalah 81,16 sedangkan nilai rata-rata pada kelas yang bukan menggunakan model group investigation dengan metode ceramah memperoleh adalah 71,85. Dari analisis data yang dilakukan dengan menggunakan statistik uji t sebagai langkah terakhir untuk mengambil keputusan terhadap hipotesis yang ada, di dapat t h itu n g  t ta b el yaitu 2,19  1,6685 maka H 0 ditolak dan H a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ‖Ada pengaruh model group investigation dengan menggunakan metode discovery terhadap keaktifan dan hasil belajar di Unika Musi Charitas.‖.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: Model group investigation, metode discovery, keaktifan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Proceedings > Elementary School Teacher Education Study Program
Depositing User: Lisnani .
Date Deposited: 18 Oct 2016 02:48
Last Modified: 02 May 2019 04:18
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item