Wulandari, Yosefa Winda (2022) ANALISIS PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI 30 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Musi Charitas Palembang.
Text (Cover)
PGSD-2022-1842025-Cover.pdf Download (7MB) |
|
Text (Abstract)
PGSD-2022-1842025-Abstract.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text (Tabel Of Content)
PGSD-2022-1842025-Tabel Of Content.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 1)
PGSD-2022-1842025-Chapter 1.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 2)
PGSD-2022-1842025-Chapter 2.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 3)
PGSD-2022-1842025-Chapter 3.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
|
Text (Chapter 4)
PGSD-2022-1842025-Chapter 4.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (Conclusion)
PGSD-2022-1842025-Conclusion.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (Reference)
PGSD-2022-1842025-Reference.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text (Attachment)
PGSD-2022-1842025-Attachment.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (Complete)
PGSD-2022-1842025-Complete.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
|
Text (Summary_id)
PGSD-2022-1842025-summary_id.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Negeri 30 Palembang ditinjau dari kebijakan sekolah, proses pembelajaran, pengelolaan kelas, jenis kurikulum dan sumber daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, siswa dan lima guru. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisa data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian: (1)penerimaan siswa tidak dilakukan penolakan, identifikasi dilakukan melalui surat dari dokter atau terapis, sarana dan prasarana masih umum dan belum tersedia sarana dan prasarana yang khusus untuk siswa ABK, (2)guru melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian dengan bentuk yang sama, untuk siswa ABK disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan kemampuannya (3)jenis kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional dengan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa (4)sistem pengelolaan kelas yang digunakan adalah kelas reguler full inclusion siswa ABK belajar bersama dengan anak reguler di satu kelas yang sama hingga selesai (5)guru kelas bukan dari guru khusus atau psikolog melainkan guru umum. Tidak menggunakan bantuan dari GPK tetapi menjalin kerjasama dengan Yayasan Psikolog Anak Bina Asih Palembang. Komite sekolah, Orang tua, Masyarakat dan Pemerintah sudah terlibat dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan inklusif. keyword :Inclusive Education, Primary School
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inclusive Education ; Primary School |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Theses - S1 > Elementary School Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Yosefa Winda Wulandari |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 06:29 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:50 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/8407 |
Actions (login required)
View Item |