PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI PARAGRAPH WRITING

Pranoto, Yohanes Heri and Inharjanto, Anselmus and Ratnaningsih, Paskalina Widiastuti and Clara, Catharina and Leovani, Ega (2021) PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PELATIHAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI PARAGRAPH WRITING. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5 (3). pp. 979-993. ISSN 2598-8158 and 2614-5758

[img] Text (ImageMagick conversion from image to application/pdf)
COVER JMM 53.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI JMM 53.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4564-17088-1-PB.pdf

Download (978kB)
Official URL: https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/...

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi telah mendapatkan banyak evaluasi dari setiap institusi atau satuan pendidikan. Seperti kebanyakan sekolah, Seminari Menengah Santo Paulus Palembang sebagai dormitory school juga mengalami tantangan dalam menjalankan pembelajaran dengan tetap mengutamakan mutu. Satu kebijakan yang diambil adalah program seminaris diaspora - siswa tinggal di paroki asal mereka atau unit pastoral terdekat dengan tempat tinggal mereka. Selama program diaspora, seminaris tetap mendapatkan materi belajar dan pendampingan rohani yang memadahi dan berkesinambungan, baik dari pamong seminari maupun pastor paroki tempat mereka tinggal. Melalui program ini, siswa mendapatkan pendampingan tentang self-management selama pembelajaran jarak jauh dan bagaimana penggunaan media google classroom dalam proses pembelajaran secara umum dan dalam English writing secara khusus. Kegiatan dilakukan dengan metode workshop, pendampingan, dan praktik. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Peserta kegiatan adalah siswa kelas akhir (rethorica) yang berjumlah 37 orang yang diselenggarakan pada bulan Juli – September 2020. Umpan balik dari peserta memberikan gambaran bahwa 2 materi tersebut dapat diterima oleh siswa dan aplikasi google classroom pada kegiatan writing dapat berjalan dengan lancar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil kuesioner dan hasil tes English writing peserta.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Journal Publications > English Education Study Program
Depositing User: Yohanes Heri Pranoto
Date Deposited: 24 Jun 2021 06:04
Last Modified: 24 Jun 2021 06:04
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/5839

Actions (login required)

View Item View Item