Satiti, Angela and Frisca, Sanny and Nurjanah, Vausta (2019) HUBUNGAN EDUKASI CUCI TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, KEMAMPUAN KELUARGA DI RUMAH SAKIT X PALEMBANG. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 2 (2). pp. 186-195. ISSN 2615-6563
Text
cover JKSP.pdf Download (149kB) |
|
Text
daftar isi jksp.pdf Download (249kB) |
|
Text
artikel sanny.pdf Download (305kB) |
Abstract
Keluarga pasien yang berada di Rumah Sakit memiliki peran penting dalam pencegahan infeksi nosokomial dengan cara meningkatkan pengetahuan dan sikap cuci tangan di rumah sakit dengan meningkatkan pengetahuan dan sikap maka akan meningkat pula kemampuan mencuci tangan. Akan tetapi pelaksanaan cuci tangan pada keluarga pasien belum berjalan secara optimal dikarenakan berbagai alasan. Keluarga pasien ada yang mengatakan tidak mengetahui cara cuci tangan yang baik dan benar dan ada juga yang mengatakan tidak mencuci tangan karena penyakit pasien tidaklah menular. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan edukasi cuci tangan terhadap pengetahuan, sikap dan kemampuan keluarga pasien di Rumah Sakit X Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan Non Equavalent Control Group dansampel penelitian sebanyak 112 responden menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji Fisher Exact. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan edukasi cuci tangan terhadap pengetahuan, sikap dan kemampuan keluarga pasien dirumah Sakit X Palembang ( p value = 0.001<0.005), Untuk itu diperlukan peran perawat sebagai edukator, memberikan penyuluhan kepada keluarga pasien yang dirawat di Rumah Sakit sehingga infeksi nosokomial dapat dicegah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Journal Publications > Faculty of Health Science |
Depositing User: | Sanny Frisca |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 02:56 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 02:56 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3164 |
Actions (login required)
View Item |