Triwidayati, Katarina Retno and Utami, Tresiana Sari Diah (2019) PENGEMBANGAN MATERI SIMAKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD Musi, 2 (1). pp. 61-69. ISSN 2621-5829
Text
Cover Jurnal PGSD.pdf Download (253kB) |
|
Text
JPGSD Retno Tresi.pdf Download (517kB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar dilaksanakan dengan memperhatikan keterampilan bahasa. Keempat keterampilan bahasa tersebut yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pelaksanaannya, keterampilan menyimak menjadi keterampilan yang jarang dilatihkan dan atau dilaksanakan dengan cara yang kurang tepat. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah pembelajaran menyimak dilaksanakan dengan materi yang digunakan untuk pembelajaran menyimak berasal dari buku teks yang diterbitkan oleh penerbit tertentu. Dengan demikian, materi tersebut dapat saja tidak mengakomodir kearifan lokal. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan yang dilaksanakan secara bertahap. Penelitian ini merupakan penelitian tahap kedua dari lima tahap yang direncanakan. Pada tahap ini, penelitian dilaksanakan hingga tahap revisi hasil validasi ahli. Artikel ini hanya membahas hasil validasi ahli pada bagian pengembangan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang dikembangkan belum sepenuhnya mengakomodir kearifan lokal. Validator memberi saran berkaitan dengan konten materi yang dapat dikembangkan agar mengangkat kearifan lokal dan tetap sesuai dengan kompetensi dasar yang digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Journal Publications > Elementary School Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Katarina Retno Triwidayati |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 01:32 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 01:32 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3085 |
Actions (login required)
View Item |