., Lisnani (2019) PENGARUH MEDIA DAUN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD Musi, 2 (1). pp. 14-25. ISSN 2621-5829
Text
Jurnal PGSD ke Repository.pdf Download (857kB) |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran tematik menggunakan pendekatan saintifik sejalan dengan diberlakukannya kurikulum 2013.Pembelajaran tematik merupakan gabungan dari beberapa mata pelajaran dipadukan menjadi satu tema. Di dalam kurikulum 2013 terdapat pembelajaran tematik tepatnya pada Tema 3, Peduli Terhadap Makhluk Hidup, mata pelajaran Matematika, IPA, dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media daun terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV. Jenis Penelitian ini merupakan penelitiaJenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena tergolong penelitian eksperimen yang mengukur hasil belajar peserta didik . Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 42 sebanyak 2 kelas yaitu IV A dan IV B yang masing-masing berjumlah 25 peserta didik . Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data uji homogenitas, uji normalitas, dan independent sample t-test menggunakan SPSS 17. Hasil dari penelitian ini berupa adanya pengaruh media daun terhadap hasil belajar tematik peserta didik SD kelas IV terlihat dari nilai sig (2tailed)= 0.000 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan nilai rata-rata hasil belajar tematik peserta didik yang menggunakan media daun lebih tinggi daripada nilai rata-rata peserta didik yang tidak mengggunakan media daun.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Journal Publications > Elementary School Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Lisnani . |
Date Deposited: | 21 Oct 2019 02:59 |
Last Modified: | 21 Oct 2019 02:59 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3080 |
Actions (login required)
View Item |