Perbedaan Persepsi Mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Manajemen Terhadap Kualitas Layanan Jasa Pendidikan di Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Tyra, Maria Josephine and Sarjono, Andreas (2018) Perbedaan Persepsi Mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Manajemen Terhadap Kualitas Layanan Jasa Pendidikan di Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. JURNAL KEUANGAN DAN BISNIS, 16 (1). pp. 17-43. ISSN 1693-8224

[img] Text
Jurnal Vol.16, No.1, Maret 2018 - Perpus.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JKB/article/view/3...

Abstract

Penelitian ini merupakan studi perilaku konsumen mengenai persepsinya terhadap lima dimensi kualitas pendidikan meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik dari perguruan Tinggi yang dipilihnya. Tujuan penelitian untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan persepsi kualitas pendidikan dari mahasiswa di Program Studi Manajemen dan Akuntansi di Universitas Katolik Musi Charitas.Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner berskala Likert 5 poin yaitu dari Sangat tidak setuju sampai dengan Sangat setuju. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Angkatan 2015/2016 s.d. 2016/2017 Program Studi Manajemen dan Akuntansi Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Berdasarkan hasil uji beda dengan menggunakan uji Mann-Whitney terbukti bahwa persepsi mahasiswa Prodi Akuntansi mengenai kualitas pendidikandi Unika Musi Charitas (Mdn = 2143) secara umum berbeda secara signifikan dengan persepsi mahasiswa Prodi Manajemen mengenai kualitas pendidikandi Unika Musi Charitas (Mdn = 2907) dengan signifikansi 0.008< 0,05 (Ho ditolak). Jika dilihat dari masing- masing variabel maka untuk variabel keandalan, daya tanggap, dan jaminan membuktikan adanya perbedaan persepsi antara mahasiswa Prodi Akuntansi dengan Prodi Manajemen.Sedangkan untuk variabel empati dan bukti fisik tidak membuktikan adanya perbedaan persepsi antara mahasiswa Prodi Akuntansi dengan Prodi Manajemen. Kata kunci: Persepsi, Kualitas layanan pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kualitas layanan pendidikan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Journal Publications > Management Study Program
Depositing User: Maria Josephine Tyra
Date Deposited: 22 Aug 2019 01:37
Last Modified: 22 Aug 2019 01:37
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item