PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SD XAVERIUS II PALEMBANG

Triwidayati, Katarina Retno and Utami, Tresiana Sari Diah and Bendi, R. Kristoforus Jawa and Priyanti, Maria Angelina and Angraini, vicinsia mila PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SD XAVERIUS II PALEMBANG. Project Report. Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
LAPORAN PKM PTK TERBARU baru 27 JUNI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sekolah Dasar Xaverius 2, Palembang sebagai mitra kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), memiliki permasalahan terkait dengan penelitian tindakan kelas. Hasil wawancara dengan kepala sekolah mengindikasikan para guru di sekolah tersebut belum menerapkan penelitian tindakan kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut, ditawarkan sebuah pelatihan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan menentukan mitra kegiatan. Setelah itu fasilitator dan mitra melakukan justifikasi permasalahan dan solusi, dan kemudian menyusun rencana kerja. Kegiatan ini direncanakan berlangsung dalam dua tahap.Tahap pertama adalah mempelajari kembali konsep penelitian tindakan kelas. Tahap kedua berupa penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Hasil pelaksanaan kegiatan pada tahap pertama menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan peserta dari 55% (hasil pretest) menjadi 76,7% (hasil postes). Pada tahap kedua, sebanyak 22% peserta menyusun proposal penelitian. Hasil analisa menunjukkan seluruh proposal penelitian tersebut tidak dapat dikategorikan sebagai proposal penelitian tindakan kelas. Ditemukan juga bahwa 50% proposal terindikasi melakukan tindakan plagiasi. Evaluasi pelaksanaan kegiatan menunjukan bahwa mitra menganggap kegiatan ini penting untuk mereka. Mitra menggangap bahwa konsep penelitian tindakan kelas yang dipaparkan lengkap dan mudah dipahami.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Book > Elementary School Teacher Education Study Program
Depositing User: Tresiana Sari Diah Utami
Date Deposited: 06 Feb 2025 01:47
Last Modified: 06 Feb 2025 01:47
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item