Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan

., Lisnani (2019) Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1). pp. 61-70. ISSN p-ISSN : 2086-4280 e-ISSN : 2527-8827

[img] Text
Jurnal Mosharafa Unggah Repository.pdf

Download (534kB)
Official URL: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran proses pembelajaran pecahan menggunakan konteks puding dan bangun datar segitiga sama sisi dan mengetahui pemahaman konsep awal calon guru sekolah dasar tentang pecahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualititatif-kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah calon guru SD Program Studi PGSD Semester III berjumlah 19 orang tahun akademik 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terkait dengan pemahaman calon guru SD tentang pecahan dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) gambaran proses pembelajaran pecahan menggunakan konteks puding dan bangun datar segitiga sama sisi menunjukkan perbedaan jawaban antara calon guru SD yang satu dengan yang lain; 2) pemahaman konsep calon guru SD terhadap materi pecahan masih tergolong rendah sebesar 33,82%; 3) hasil wawancara menunjukkan bahwa calon guru SD terbantu (sebanyak 60%) melalui penggunaan konteks di dalam pembelajaran pecahan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pecahan, PMRI, konteks, pemahaman konsep. pecahan, PMRI, konteks, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Journal Publications > Elementary School Teacher Education Study Program
Depositing User: Lisnani .
Date Deposited: 13 May 2019 02:40
Last Modified: 13 May 2019 02:40
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/2581

Actions (login required)

View Item View Item