., Lisnani and Asmaruddin, Sheilla Noveta (2018) DESAIN BUKU AJAR MATEMATIKA BILINGUAL MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI. Project Report. UKMC, Palembang. (Unpublished)
Text
Cover sampai Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
Text
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
|
Text
Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran dari sesuatu yang bersifat abstrak menuju konkret. Hal ini bertolak belakang dengan tahap berpikir siswa yang cenderung bersifat konkret/nyata. Ada beberapa materi matematika di tingkat SMP yang bersifat abstrak diantaranya bangun datar, bangun ruang, dan lainnya. Salah satu materi yang menjadi kesulitan siswa adalah bangun datar. Hal ini disebabkan oleh guru yang menjadi salah satu sumber informasi kurang menggali pemahaman konsep siswa pada sesuatu yang bersifat real pada saat mengajarkan materi bangun datar. Real disini mengandung arti siswa dapat memahami dan menemukan sendiri konsep bangun datar dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, diperlukan serangkaian aktivitas belajar yang memprioritaskan pemahaman konsep siswa daripada sekedar pengenalan yang bersifat umum. Peneliti merancang dua aktivitas dalam pembelajaran bangun datar melalui penggunaan buku ajar berbasis bilingual dengan menggunakan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Ketiga aktivitas dan penggunaan buku ajar ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar. Tahap awal penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) sebagai rancangan awal dan Local Instructional Theory (LIT) setelah dilakukan revisi dari dari HLT pada tahap teaching experiment. Lalu, pada tahap akhir akan menghasilkan produk berupa buku ajar matematika bilingual materi bangun datar menggunakan pendekatan PMRI. Buku ajar bilingual ini dapat digunakan oleh sekolah yang bahasa pengantarnya Bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris maupun yang tidak menggunakan Bahasa Inggris untuk melatih kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian design research yang terdiri dari 3 tahap yaitu: preliminary design, preparing for the experiment, dan retrospective analysis. Data dikumpulkan melalui pretest, lembar aktivitas siswa, posttest, lembar wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan dengan melakukan analisis pada HLT (Hypothetical Learning Trajectory) tiap aktivitas. Hasil dari penelitian ini berupa buku ajar matematika berbasis bilingual pada pokok bahasan bangun datar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 dan VII.9 SMP Negeri 1 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa tentang bangun datar melalui penggunaan buku ajar matematika bilingual menggunakan pendekatan PMRI dan menghasilkan lintasan belajar materi bangun datar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? ESTESP ?? |
Depositing User: | Lisnani . |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 12:15 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 12:15 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/1696 |
Actions (login required)
View Item |