Pemanfaatan Quizizz dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing: Menyelidiki Efektivitas dan Dampaknya terhadap Keterampilan Literasi Digital Siswa

Natasha, Kayla (2025) Pemanfaatan Quizizz dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing: Menyelidiki Efektivitas dan Dampaknya terhadap Keterampilan Literasi Digital Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Musi Charitas.

[img] Text (PBI-2025-2141005-summary_id.pdf)
PBI-2025-2141005-summary_id.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (PBI-2025-2141005-complete.pdf)
PBI-2025-2141005-complete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Digitalisasi berkembang pesat saat ini, tidak hanya memengaruhi teknologi tetapi juga pengetahuan, pendidikan, dan perkembangan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas Quizizz dalam meningkatkan keterampilan literasi digital siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Dengan menggunakan desain metode campuran yang menggabungkan pendekatan eksperimen dan deskriptif, sebanyak 44 siswa kelas VIII dipilih melalui total sampling berdasarkan kriteria jumlah siswa yang sama, guru yang sama, dan tingkat kemampuan bahasa yang setara. Data dikumpulkan melalui tes, kuesioner, dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan Uji T, Analisis Persentase Sederhana, serta Model Miles dan Huberman. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat signifikan bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz secara signifikan meningkatkan keterampilan literasi digital siswa, terutama dalam membaca dan kompetensi digital, serta mendorong keterlibatan, motivasi, efektivitas, dan kepercayaan diri. Dengan demikian, Quizizz merupakan platform pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Quizizz, Literacy, Digital Literacy, Digital Literacy Skills
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Book Section > English Education Study Program
Depositing User: Kayla Natasha
Date Deposited: 13 Oct 2025 10:02
Last Modified: 14 Oct 2025 09:22
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/14748

Actions (login required)

View Item View Item