DESAIN MATERI TATA SURYA MELALUI PERMAINAN DOMINO IPA (DOPA) DI SD NEGERI 42 PALEMBANG

., Lisnani and Marlinda, Lucia Desy (2018) DESAIN MATERI TATA SURYA MELALUI PERMAINAN DOMINO IPA (DOPA) DI SD NEGERI 42 PALEMBANG. Project Report. UKMC, Palembang. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
Kesimpulan&Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Lisnani_Lapaoran Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran IPA di SD dianggap kurang menarik karena bersifat hafalan dan monoton. Salah satu pokok bahasan yang bersifat hafalan adalah tata surya. Maka dari itu, diperlukan media pembelajaran berupa permainan domino IPA dan booklet tata surya yang dapat melatih siswa untuk aktif, kreatif, dan lebih memahami materi tentang tata surya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan domino IPA dan booklet tata surya dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar siswa SD kelas VI tentang tata surya dan menghasilkan suatu lintasan belajar siswa dalam pembelajaran tata surya. Metode yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design, teaching experiment dan retrospective analysis. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana permainan domino IPA meningkatkan kemampuan pemahaman konsep tentang tata surya dan menghasilkan lintasan belajar siswa dalam pembelajaran tata surya menggunakan konteks permainan domino IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini berupa lintasan belajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang tata surya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: design research, domino IPA, dan booklet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? ESTESP ??
Depositing User: Lisnani .
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:00
Last Modified: 15 Jan 2025 03:00
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item