Analisis Model Pembelajaran pada Kelas E-Learning

Ratnaningsih, Paskalina Widiastuti and Triayomi, Ria (2021) Analisis Model Pembelajaran pada Kelas E-Learning. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9 (1). pp. 93-100.

[img] Text
Cover Jurnal.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Daftar Isi Jurnal.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Artikel Jurnal.pdf

Download (513kB)
Official URL: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibriu...

Abstract

Pembelajaran E-learning menjadi platform yang digunakan selama pandemi Covid 19. Pengajar mensinkronkan pengajaran yang tepat selama E-learning. E-learning merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dosen dan mahasiswa di lingkup universitas juga berfokus pada E-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penyampaian materi pembelajaran, tugas, metode pembelajaran, dan media yang digunakan dalam pembelajaran E-learning. Penelitian ini menggunakan metode survey. Instrumen pada penelitian ini yaitu kuesioner dan wawancara. Hasil dari kuesioner dan wawancara dapat dijelaskan bahwa materi pembelajaran lebih banyak disampaikan dengan Google Meet atau Zoom dan materi disampaikan dengan baik. Responden juga mencari pengetahuan secara mandiri di internet. Pada tugas pembelajaran dapat dijelaskan bahwa terdapat banyak tugas pada pembelajaran E-learning, namun tugas yang diberikan memperdalam pengetahuan yang diajarkan. Pada metode pembelajaran E-learning dapat dijelaskan bahwa metode yang digunakan lebih banyak dengan ceramah, diskusi, dan tugas. Terdapat pula metode pemecahan masalah dan menemukan secara mandiri yang digunakan dalam pembelajaran. Pada media pembelajaran E-learning yang digunakan, terdapat beragam media yang digunakan dimana sebagian besar menggunakan learning management system universitas yaitu Lumen dan virtual conference seperti Google Meet atau Zoom. Faktor yang mendukung implementasi e-learning adalah mahasiswa maupun dosen sudah cukup melek informasi digital. Media internet sedemikian berdaya guna optimal untuk mendukung sistem tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, E-learning, Materi Pembelajaran, Tugas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Journal Publications > Faculty of Humanities and Educational Sciences
Depositing User: Paskalina Widiastuti Ratnaningsih
Date Deposited: 06 Mar 2021 05:15
Last Modified: 06 Mar 2021 05:15
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/5066

Actions (login required)

View Item View Item