ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS TINGGI

., Lisnani and Beda, Maria Oktavia Nira Tania (2020) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS TINGGI. Project Report. UKMC, Palembang. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Aplikasi KAHOOT merupakan salah satu bentuk aplikasi berbasis web yang mudah diakses melalui google chrome. Penggunaan aplikasi KAHOOT ini dibagi menjadi 2 yaitu: 1) sebagai teacher menggunakan akses “kahoot.it”; 2) sebagai peserta menggunakan akses “kahoot.com”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dikatakan kualitatif karena memberikan deskripsi proses pembelajaran dan kepuasan dalam menggunakan aplikasi KAHOOT. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif karena bertujuan mengetahui hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh gambaran proses dan hasil pembelajaran pada mata kuliah Pembelajaran IPA Kelas Tinggi melalui penggunaan aplikasi KAHOOT bagi mahasiswa Program Studi PGSD Semester 2 Universitas Katolik Musi Charitas; 2) mengetahui respon mahasiswa Program Studi PGSD Semester 2 Universitas Katolik Musi Charitas terhadap penggunaan aplikasi KAHOOT pada mata kuliah Pembelajaran IPA Kelas Tinggi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II program studi PGSD Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut:1) Proses pembelajaran menjadi lebih seru, menarik, dan menantang. Hal ini dikarenakan di dalam kuis ini disertai dengan musik dan waktu pengerjaan soal sehingga mahasiswa dilatih kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal. Hasil pembelajaran mahasiswa menggunakan aplikasi KAHOOT dengan nilai rata-rata mahasiswa sebesar 66,69 dengan nilai tertinggi yaitu 84 (mahasiswa mampu menyelesaikan 42 soal dengan benar) dan nilai terendah sebesar 42 (mahasiswa mampu menyelesaikan 21 soal dengan benar); 2) Mahasiswa memberikan respon positif terhadap penggunaan aplikasi KAHOOT ini terlihat dari hasil kuesioner di mana sebagian mahasiswa mengharapkan penyelesaian kuis dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi KAHOOT kedepannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: aplikasi KAHOOT, proses pembelajaran, hasil belajar, dan respon mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Research Report > Elementary School Teacher Education Study Program
Depositing User: Lisnani .
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:40
Last Modified: 27 Mar 2025 03:40
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3229

Actions (login required)

View Item View Item