Pranoto, Yohanes Heri and ., Lisnani (2019) CERITA SI UNYIL BERBASIS ICT: SEBUAH KEARIFAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NARRATIVE TEXT DAN KONSEP BILANGAN BULAT. Project Report. UKMC, Palembang. (Unpublished)
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
![]() |
Text
Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika adalah dua mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh siswa. Di dalam pembelajaran Bahasa Inggris, misalnya, siswa belajar bahasa internasional yang bukan merupakan bahasa pertama atau kedua mereka. Satu keterampilan yang sering dianggap sulit adalah kemampuan membaca. Hal ini terlihat dari rendahnya kemampuan membaca di Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara. Dalam pelajaran matematika, proses pembelajaran cenderung bersifat abstrak khususnya pada materi bilangan bulat. Siswa cenderung sulit membedakan bilangan bulat positif dan negatif jika dalam bentuk soal cerita (pemecahan masalah). Proses integrasi dua mata pelajaran tersebut dalam satu topik pembelajaran diharapkan dapat menjadi solusi efektif bagi tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Melalui media pembelajaran yang sesuai dengan karakter tumbuh kembang siswa, dalam hal ini Cerita Si Unyil berbasis ICT yang didesain sendiri oleh peneliti bagi siswa SMP kelas VII, siswa diharapkan mendapatkan pengalaman belajar bermakna yang menyenangkan dan terintegrasi antara satu pelajaran dengan pelajaran lainnya. Tokoh Si Unyil menjadi tokoh imajinatif yang diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar Bahasa Inggris dan Matematika melalui cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca narrative text dan pemahaman konsep bilangan bulat melalui satu media pembelajaran yaitu cerita si unyil berbasis ICT yang dirancang terintegrasi. Untuk menguji efektifitas dari metode ini, penelitian tindakan kelas (PTK) dianggap sebagai metode yang paling sesuai karena memuat siklus “uji-coba” sampai tujuan penelitian yang diharapkan dapat tercapai. Sekurang-kurangnya terdapat dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan: planning, action, observation, dan reflection. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Xaverius 6 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuatitatif yaitu menganalisis data observasi dan tes.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | narrative text, bilangan bulat, si unyil berbasis ICT, pemahaman konsep, PTK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Research Report > English Education Study Program |
Depositing User: | Lisnani . |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:37 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:37 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |