Pengaruh Promosi Penjualan Akhir Pekan (JSM) Terhadap Perilaku Belanja Konsumen di Ritel Modern

Clara, Catharina Pengaruh Promosi Penjualan Akhir Pekan (JSM) Terhadap Perilaku Belanja Konsumen di Ritel Modern. Project Report. Buletin Ekonomi. (Submitted)

[img] Text
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
kesimpulan&saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text
daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh promosi penjualan akhir pekan (JSM) yang tengah marak dilakukan oleh pelaku ritel terhadap perubahan perilaku belanja konsumen. Apakah konsumen mengubah penentuan jenis dan jumlah barang yang akan dibeli, waktu dan toko tempat mereka berbelanja karena melihat katalog promo. Penelitian lapangan menggunakan metode survey kepada konsumen yang sedang atau selesai berbelanja pada akhir pekan (Jumat s.d. Minggu) dan hari-hari kerja (Senin s.d. Kamis) selama 5 minggu. Penelitian dilakukan di 7 lokasi ritel yang terdiri dari 3 hypermarket dan 4 minimarket, pengambilan sampel konsumen menggunakan teknik konvenien. Analisis menggunakan analisis kausal regresi linier berganda untuk mengukur pengaruh promo weekend terhadap perubahan perilaku belanja konsumen. Statistik deskriptif berupa analisis skor rata-rata untuk mengukur efektivitas promosi penjualan dan perubahan perilaku belanja konsumen serta uji beda t-test dan two ways ANOVA untuk melihat apakah ada perbedaan perilaku belanja antara konsumen yang berbelanja di akhir pekan (weekend) dengan konsumen yang berbelanja di hari kerja (Weekday) dan di antara pria dan wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sikap konsumen positif terhadap promo JSM dan menunjukkan keterlibatan yang cukup tinggi dalam perilaku belanja konsumen. Kedua, model ini belum dapat digunakan dalam memprediksi perilaku belanja konsumen dilihat dari koefisien determinasi yang sangat kecil dan tidak ada pengaruh yang signifikan dalam uji t dan F. Ketiga, perbedaan di antara waktu belanja signifikan untuk sikap mengenai beli 1 gratis 1 dan sampel gratis. Sedangkan untuk sikap mengenai diskon harga dan perilaku belanja konsumen tidak ada perbedaan di antara kategori waktu belanja. Tidak ada perbedaan perilaku belanja konsumen di antara gender.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Promosi Penjualan, Diskon Harga, Beli 1 gratis 1, Sampel Gratis, Perilaku Belanja/ Pembelian Konsumen, Ritel Modern.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Research Report > Management Study Program
Depositing User: Catharina Clara
Date Deposited: 14 Jan 2025 01:38
Last Modified: 14 Jan 2025 01:38
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item