Setiahati, Ignasius Putera (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STRUCTURED NUMBERED HEADS DI SMA XAVERIUS 1 PALEMBANG. Project Report. UKMC, Palembang. (Unpublished)
Text
Cover dan Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAKSI Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pendidikan Agama menggunakan model pembelajaran numbered heads together dan structured numbered heads kelas X di SMA Xaverius 1 Palembang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan agama menggunakan model pembelajaran numbered heads together dan structured numbered heads kelas X di SMA Xaverius 1 Palembang. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran numbered heads together dan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran structured numbered heads. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t menggunakan SPSS. Dengan kriteria penerimaan hipotesis adalah jika , maka diterima dan di tolak. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terbukti bahwa model pembelajaran numbered heads together dan model pembelajaran structured numbered heads meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Xaverius 1 Palembang. Hal ini diperoleh terlihat dari nilai rata-rata yang mengalami perubahan dari nilai rata-rata pre test di kelas X IPS 6 = 53,02 sedangkan di kelas X IPS 7 = 71,30. Hasil belajar siswa setelah dilakukan post test pada kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran numbered heads together (X IPS 6 = 60,71) dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran structured numbered heads (X IPS 7 = 81,40) sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesudah dilakukan post test. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan SPSS menggunakan uji independent sample t-test, diketahui nilai signifikansi t-hitung adalah 0,000 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima. Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: 1) ada perbedaan hasil belajar Agama yang menggunakan model pembelajaran numbered heads together (kelas X IPS 6) dan model pembelajaran structured numbered heads (kelas X IPS 7); 2) hasil belajar agama menggunakan model pembelajaran structured numbered heads lebih baik daripada numbered heads together. Kata Kunci: agama, independent sample t-test, numbered heads together, dan structured numbered heads,
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | laporan penelitian |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? ESTESP ?? |
Depositing User: | Mr. Ignasius Putera Setiahati |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 12:09 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 12:09 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/784 |
Actions (login required)
View Item |