Kesiapan Penerapan Pembelajaran Praktik Model Daring

. Srimiyati, Srimiyati (2020) Kesiapan Penerapan Pembelajaran Praktik Model Daring. Project Report. UKMC, Palembang. (Unpublished)

[img] Text
Cover_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 1_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 6_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3kB) | Request a copy
[img] Text
Kesimp-Sar_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB) | Request a copy
[img] Text
Dapus-SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
Lamp-SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Lengkap_SRIMIYATI_LAPORAN _PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAKSI Metode pembelajaran e-learning membutuhkan persiapan baik infrastruktur maupun kemampuan pemakainya. Analisa kesiapan e-learning, tidak saja dilakukan bagi institusi yang belum menerapkan, tetapi bisa juga dilakukan bagi institusi sudah menerapkan e-learning, sebagai evaluasi. Penelitian dilakukan di Prodi Ilmu Keperawatan dan Ners, pada bulan Agustus-Desember 2020, menggunakan desain deskriptif kuantitatif, tujuannya untuk diketahuinya kesiapan penerapan pembelajaran praktik dengan e-learning dan diperolehnya informasi teantang faktor-faktor untuk mengaplikasikan pembelajaran praktik dengan metode e-learning. Populasinya dosen dan mahasiswa tahap akademik pada semester ganjil TA 2019-2020. Besar sampel 53 orang diambil secara accidental sampling. Instrumen pengumpul data menggunakan model e-learning readiness (ELR) Aydin & Tasci, terdiri atas empat faktor: teknologi, inovasi, sumber daya manusia, dan pengembangan diri. Dari keempat faktor dikembangkan menjadi 37 pernyataa/pertanyaan. Hasil penelitian berdasarkan analisa skor kesiapan (skor ELR) secara keseluruhan didapatkan nilai 3,24 - 4,20, artinya level ini masuk kriteria siap menerapkan e-learning akan tetapi membutuhkan sedikit peningkatan. Rerata skor kesiapan yang terendah pada faktor pengembangan diri sebesar 3,24. Kesimpulannya: Faktor tehnologi, faktor inovasi dan sumber daya manusia (people) di Prodi Ilmu Keperawatan dan Ners termasuk kriteria siap menerapkan pembelajaran praktik dengan metode e-learning, tetapi masih membutuhkan sedikit peningkatan. Faktor pengembangan diri termasuk kriteria tidak siap, membutuhkan sedikit peningkatan. Saran: Pada faktor pengembangan diri yang masih rendah menjadi pertimbangan institusi untuk ditingkatkan. Penelitian ini dapat dilanjutkan atau dilakukan kembali, dianalisis lebih spesifik dari setiap domain dari faktor kesiapan menggunakan model ERL Aydin & Tasci.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, metode e-learning, pembelajaran praktik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Book > Profession Ners Study Program
Depositing User: Srimiyati .
Date Deposited: 23 Apr 2025 02:47
Last Modified: 23 Apr 2025 02:47
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item View Item