"Desain Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Fable “Dog Catches Cat” And Puzzle Tangram Di Kelas II SD "

., Lisnani and Ratu, Ilma and ., Somakim (2013) "Desain Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Fable “Dog Catches Cat” And Puzzle Tangram Di Kelas II SD ". "Desain Pembelajaran Bangun Datar Menggunakan Fable “Dog Catches Cat” And Puzzle Tangram Di Kelas II SD ", 4 (1). pp. 11-12. ISSN 2086-2334

[img] Text (JURNAL KREANO, ISSN : 2086-2334 Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 4 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2013)
Jurnal Kreano Matematika Fable Dog Catches Cat.pdf

Download (661kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pengenalan dan pengelompokkan bangun datar melalui fable “dog catches cat”, puz- zle tangram, dan kreasi origami. Metode yang digunakan adalah design research terdiri dari tiga tahap, yaitu: preliminary, design experiment (pilot experiment dan teaching experi- ment), dan analysis retrospective. Penelitian ini mengembangkan hasil pembelajaran ten- tang bangun datar melalui serangkaian aktivitas, prosedur, dan strategi bagi siswa dalam menemukan kemampuan berpikir kreatif melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Rea- listik Indonesia (PMRI) melalui konteks tangram melalui fable “dog catches cat”. Puzzle tangram, dan kreasi origami menjadi starting point materi pengenalan dan pengelompokkan bangun datar. Hasil dari penelitian ini berupa learning trajectory pada masing-masing akti- vitas yaitu: 1) Aktivitas 1, siswa mengenal berbagai bentuk bangun datar melalui penggu- naan fable. 2) Aktivitas 2, siswa mampu menyebutkan dan mengelompokkan berbagai ba- ngun datar melalui puzzle tangram. 3) Aktivitas 3, membentuk dan mengelompokkan ba- ngun datar dan terbentuk suatu kreasi baru berupa kucing, anjing, dan lainnya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fable; puzzle tangram; design research; bangun datar; PMRI.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Journal Publications > Elementary School Teacher Education Study Program
Depositing User: Lisnani .
Date Deposited: 18 Oct 2016 02:10
Last Modified: 20 Oct 2017 04:11
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item View Item