Andayani, Sri and Ono, Rosalia Sonia (2020) Analisis Kesiapan Penerimaan Pengguna Terhadap E-Learning Menggunakan Model TRAM. JuSiTik (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi), 3 (2). pp. 32-39. ISSN 2579-5570
Text
Cover.pdf Download (180kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (177kB) |
|
Text
Sri Andayani_Jusitik_Juli2020.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi pada dunia pendidikan ditandai dengan diimplementasikannya e-learning sebagai sarana pembelajaran. E-learning sebagai aplikasi teknologi pendidikan layak untuk dimanfaatkan lebih lanjut oleh pihak sekolah/perguruan tinggi karena keberadaanya merupakan sebuah inovasi baru dalam membantu pembelajaran peserta didiknya. Penerapan e-learning tentunya harus diikuti oleh kesiapan penerimaan teknologi oleh seluruh sivitas akademik. Kesiapan penerimaan penggunaan teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai kesediaan pengguna menggunakan teknologi informasi untuk mendukung tugas yang telah dirancang. Untuk dapat melihat kesiapan penerimaan teknologi saat ini dapat menggunakan kedua model yang dikembangkan yaitu Technology Readiness (TR) dan Technology Acceptance Model (TAM) yang digunakan secara bersamaan yaitu Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM). Model TR dan TAM apabila diintegrasikan akan menghasilkan sebuah penjelasan tentang niat atau keinginan pengguna dalam menggunakan teknologi. Hasil dari penelitian ini adalah hanya variabel discomfort yang berpengaruh signifikan terhadap perceived usefullness sedangan variabel lain tidak berpengaruh secara signifikan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, TRI, TAM, TRAM, penerimaan pengguna |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Journal Publications > Information Systems Study Program |
Depositing User: | Sri Andayani |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 01:49 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 01:49 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/4293 |
Actions (login required)
View Item |