Wijaya, Andri (2020) Implementasi Konsep Self Service Technology (SST) Pada Model Bisnis Restoran. In: Seminar Nasional Dinamika Informatika 2020, 24 Maret 2020, Yogyakarta.
Text
Cover Prosiding.pdf Download (167kB) |
|
Text
Daftar Isi Prosiding SENADI 2020.pdf Download (318kB) |
|
Text
Artikel SENADI Andri.pdf Download (512kB) |
Abstract
Memberikan inovasi dan system layanan serba cepat dan mandiri yang sesuai dengan kebutuhan merupakan keinginan yang selalu menjadi tuntutan pelanggan sehingga menjadi salah satu kunci sukses bersaing dibanyak bisnis kuliner. Self Service Technology adalah contoh dari pelayanan konsumen yang dapat dioptimalkan sehingga memberikan pelanggan lebih banyak kontrol di tangan mereka sendiri disbanding sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis dan system informasi berdasarkan dari kebutuhan pelanggan dengan menerapkan konsep Self Service Technology (SST) yaitu pelanggan dapat melakukan semua layanan yang ada pada restoran secara mandiri dan Automatic tanpa melibatkan pelayan dan layanan diberikan secara personal. Penelitian ini berbentuk studi kasus pada 5 restoran yang berada di Kota Palembang dengan metode penelitiannya adalah Research & Development. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung ke Owner restoran, Manajer restoran, Pramusaji (Waiter), dan Kasir. Penelitian ini menghasilkan rancangan model bisnis dan arsitektur sistem dengan konsep Self Service Technology yang dapat digunakan pelanggan secara mandiri dan pelayanan yang diberikan lebih berorientasi ke personal pelanggan sedangkan untuk pengimplementasian ke dalam bentuk sebuah sistem informasi yang disertai dengan aplikasi pendukung dari model bisnis ini masih dalam proses pengembangan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Proceedings > Information Systems Study Program |
Depositing User: | Andri Wijaya |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 09:59 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 09:59 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3825 |
Actions (login required)
View Item |