Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Cerita Si Unyil Berbasis ICT

., Lisnani and Pranoto, Yohanes Heri (2020) Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Cerita Si Unyil Berbasis ICT. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2). pp. 215-226. ISSN p-ISSN : 2086-4280 e-ISSN : 2527-8827

[img] Text
Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika_Lisnani_Juni 2020 Repository.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php...

Abstract

Hasil belajar siswa yang dibawah standar menunjukkan siswa kurang memahami konsep pada materi bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bilangan bulat melalui penggunaan media pembelajaran yaitu cerita Si Unyil berbasis ICT, yang terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus yang terjadi dalam PTK terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP Xaverius 6 Palembang yang berjumlah 26 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisa data observasi dan dokumentasi. Sedangkan deskriptif kuanlitatif yaitu menganalisa hasil tes. Hasil dari penelitian ini berupa peningkatan pemahaman konsep terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus pertama sebesar 57,84 meningkat pada siklus kedua menjadi 71,19

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, cerita Si Unyil, peneltian kualitatif, PTK, ICT.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Journal Publications > Elementary School Teacher Education Study Program
Depositing User: Lisnani .
Date Deposited: 02 Jun 2020 05:37
Last Modified: 02 Jun 2020 05:37
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item