FINANCIAL SOCIALIZATION AGENT, GENDER, PROGRAM STUDI & LITERASI KEUANGAN

S., Yuliana Ester and Soejono, Fransiska (2020) FINANCIAL SOCIALIZATION AGENT, GENDER, PROGRAM STUDI & LITERASI KEUANGAN. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 11 (1). pp. 20-45. ISSN 2301-8313

[img] Text
J20 FINANCIAL SOCIALIZATION AGENT_Ester & Fransiska.pdf

Download (741kB)
Official URL: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat literasi keuangan mahasiswa berdasarkan faktor demografik yaitu prodi dan gender. Selain itu pada penelitian ini juga melakukan perbandingan pengaruh dari financial socialization agent yaitu orangtua, saudara kandung, paman/bibi/sepupu, teman dan media dalam literasi keuangan mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas. Hasil yang diperoleh dengan pengujian three way ANOVA adalah bahwa mahasiswa yang berasal dari prodi bisnis dan keuangan dan mahasiswa laki-laki memiliki tingkat literasi yang tinggi, serta ditemukan bukti bahwa orangtua memiliki pengaruh paling besar atau dominan dalam literasi keuangan mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan, prodi, gender, financial socialization agent
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Journal Publications > Management Study Program
Depositing User: Fransiska Soejono
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:23
Last Modified: 21 Apr 2020 04:23
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item