Utami, Tresiana Sari Diah and Triwidayati, Katarina Retno and Bendi, R. Kristoforus Jawa and Priyanti, Maria Angelina and Anggraini, Visinsia Mila and Widiarti, Monika Ika (2020) PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI YAYASAN BHAKTI BARADATU, LAMPUNG. Project Report. Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang. (Unpublished)
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
![]() |
Text
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
full laporan PKM baradatu revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Yayasan Bhakti, Baradatu yang terdiri dari SD, SMP, dan SMA Bhakti merupakan mitra kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memiliki permasalahan terkait dengan penelitian tindakan kelas. Kepala Yayasan Bhakti menginformasikan bahwa para pendidik di yayasan tersebut belum melaksanakan penelitian tindakan kelas. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut, pihak yayasan melalui kepala yayasan menawarkan sebuah kerja sama dalam bidang pelatihan penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan menentukan mitra kegiatan, justifikasi permasalahan dan solusi, serta kemudian menyusun rencana kerja. Kegiatan direncanakan berlangsung dalam dua tahap.Tahap pertama adalah mempelajari kembali konsep penelitian tindakan kelas. Tahap kedua berupa penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Hasil pelaksanaan kegiatan pada tahap pertama menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan peserta dari peserta yang mendapat nilai 0 ada 4,3 %, nilai 11,1 ada 69,6 %, dan nilai 22,2 ada 52.2 % (hasil pretest) menjadi nilai 0 ada 4,3 %, nilai 33,3 ada 17,4 %, nilai 44,4 ada 17,4%, nilai 55,6 ada 13%, nilai 66,7 ada 26,1%, nilai 77,8 ada 8,7% dan nilai 88,9 ada 13% (hasil postes). Pada tahap kedua, sebanyak 6 peserta yang terpilih untuk melanjutkan menyusun proposal penelitian. Hasil analisa menunjukkan peserta belum mampu menulis bab 1 pada proposal penelitian, hanya 6 orang peserta terpilih yang ditemukan telah menulis bab 1 sesuai dengan penjelasan materi. Evaluasi pelaksanaan kegiatan menunjukan bahwa mitra menganggap kegiatan ini penting untuk mereka. Mitra menggangap bahwa konsep penelitian tindakan kelas yang dipaparkan lengkap dan mudah dipahami.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian tindakan kelas, pendidik, sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Community Service Report > Elementary School Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Tresiana Sari Diah Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 06:43 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 06:43 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |