Suryani, Ketut PENGALAMAN GURU DALAM MENGAJAR ANAK DENGAN BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PALEMBANG 2019. Project Report. Prodi Ilmu keperawatan dan ners Universitas katolik Musi Charitas, Prosiding seminar nasional. (Submitted)
![]() |
Text
abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
![]() |
Text
bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
![]() |
Text
bab 7.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
lampiran pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
![]() |
Text
laporan lengkap, fix,pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
: Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki perbedaan atau kelainan seperti kelainan fisik, mental, dan perilaku sosial. Kementerian Kesehatan mencatat angka kejadian anak kebutuhan khusus tahun 2012, tiga provinsi di Indonesia yang menempati tiga peringkat tertatas yaitu Jawa Barat sebesar 1.819.036 jiwa, Jawa Timur 1.661.580 jiwa dan Jawa Tengah 1.177,261 jiwa. Anak berkebutuhan khusus memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan anak normal untuk mendapatkan pendidikan. Proses pembelajaran anak disabilitas berbeda dengan mendidik anak normal, maka diperlukan peran guru sebagai pengajar dan pendidik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam dan menganalisis pengalaman guru dalam mengajar anak dengan kebutuhan khusus di SLB Palembang. Metode : Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar lebih dari 3 tahun di SLB Palembang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisa menggunakan metode Colaizzi. Hasil : Hasil penelitian ditemukan 4 tema sebagai berikut: hambatan yang dialami selama mengajar anak dengan berkebutuhan khusus, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang dialami selama mengajar anak dengan berkebutuhan khusus, harapan guru sebagai pendidik terhadap anak berkebutuhan khusus dan sifat yang harus dimiliki guru untuk mengajar anak dengan berkebutuhan khusus. Diharapkan kepada institusi pendidikan anak kebutuhan khusus agar dapat memperhatikan dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam mengajar. Kata Kunci: Guru, anak berkebutuhan khusus, Fenomenologi
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Proceedings > Faculty of Health Science |
Depositing User: | Ketut Suryani |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 03:39 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 03:39 |
URI: | http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |