PENGALAMAN GURU DALAM MENGAJAR ANAK DENGAN BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PALEMBANG 2019

Suryani, Ketut PENGALAMAN GURU DALAM MENGAJAR ANAK DENGAN BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB PALEMBANG 2019. Project Report. Prodi Ilmu keperawatan dan ners Universitas katolik Musi Charitas, Prosiding seminar nasional. (Submitted)

[img] Text
abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
lampiran pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
laporan lengkap, fix,pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

: Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki perbedaan atau kelainan seperti kelainan fisik, mental, dan perilaku sosial. Kementerian Kesehatan mencatat angka kejadian anak kebutuhan khusus tahun 2012, tiga provinsi di Indonesia yang menempati tiga peringkat tertatas yaitu Jawa Barat sebesar 1.819.036 jiwa, Jawa Timur 1.661.580 jiwa dan Jawa Tengah 1.177,261 jiwa. Anak berkebutuhan khusus memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan anak normal untuk mendapatkan pendidikan. Proses pembelajaran anak disabilitas berbeda dengan mendidik anak normal, maka diperlukan peran guru sebagai pengajar dan pendidik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam dan menganalisis pengalaman guru dalam mengajar anak dengan kebutuhan khusus di SLB Palembang. Metode : Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar lebih dari 3 tahun di SLB Palembang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisa menggunakan metode Colaizzi. Hasil : Hasil penelitian ditemukan 4 tema sebagai berikut: hambatan yang dialami selama mengajar anak dengan berkebutuhan khusus, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang dialami selama mengajar anak dengan berkebutuhan khusus, harapan guru sebagai pendidik terhadap anak berkebutuhan khusus dan sifat yang harus dimiliki guru untuk mengajar anak dengan berkebutuhan khusus. Diharapkan kepada institusi pendidikan anak kebutuhan khusus agar dapat memperhatikan dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam mengajar. Kata Kunci: Guru, anak berkebutuhan khusus, Fenomenologi

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Proceedings > Faculty of Health Science
Depositing User: Ketut Suryani
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:39
Last Modified: 27 Mar 2025 03:39
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item