Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas IV Berbasis Kurikulum 2013 Tema Pahlawanku Sebtema Perjuangan Para Pahlawan Pada Pembelajaran 4.

Indriasari, Bernadine Ajeng (2019) Analisis Kesesuaian Buku Siswa Kelas IV Berbasis Kurikulum 2013 Tema Pahlawanku Sebtema Perjuangan Para Pahlawan Pada Pembelajaran 4. Jurnal PGSD Musi, 2 (1). pp. 39-49. ISSN 2621-5829

[img] Text
Cover Jurnal PGSD.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DEPAN JURNAL VOL 2 NOMOR1-pages-2,6.pdf

Download (464kB)
[img] Text
document.pdf

Download (306kB)
Official URL: http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JPGSDM/article/vie...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku peserta didik kelas IV berbasis Kurikulum 2013 pada tema Pahlawanku subtema Perjuangan Para Pahwalanku pada pembelajaran 4 dengan kompetensi dasar, tujuan, indikator, kegiatan, materi, alat dan sumber belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan cara menganalisis dokumen berupa buku peserta didik kelas IV berbasis Kurikulum 2013 tema Pahlawanku dan buku guru kelas IV berbasis Kurikulum 2013 tema Pahlawanku subtema Perjuangan Para Pahwalanku pada pembelajaran 4. Analisis mengacu pada keputusan-keputusan Menteri Pendidikan dan Jurnal PGSD Musi, Juni 2019 40 Kebudayaan Nasional, artikel yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum 2013 dan artikel dari situs resmi badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Dari hasil analisis ditemukan beberapa kompetensi dasar kurang terkait. Cakupan indikator yang terlalu luas atau terlalu sempit. Tujuan pembelajaran yang tidak sesuai dengan indikator. Kegiatan belajar yang kurang bermakna. Materi yang terlalu dangkal. Juga alat dan sumber belajar yang perlu disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa buku peserta didik kelas IV tema Pahlawanku subtema Perjuangan Para Pahwalanku pada pembelajaran 4 masih memerlukan banyak perbaikan terkait dengan ditemukannya banyak ketidaksesuaian pada bagian-bagiannya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Journal Publications > Elementary School Teacher Education Study Program
Depositing User: B A Indriasari
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:35
Last Modified: 21 Nov 2019 06:49
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/3086

Actions (login required)

View Item View Item