Pendampingan Belajar Cemara: Solusi Belajar Bagi Anak Dan Solusi Pendampingan Belajar Bagi Orangtua Di Lorong Cemara RT 006 Kelurahan Sukajaya

Pranoto, Yohanes Heri and Pranata, Lilik and Surani, Vincencius and Ningsih, Diah Ayu and Setiawan, Rino Budi (2019) Pendampingan Belajar Cemara: Solusi Belajar Bagi Anak Dan Solusi Pendampingan Belajar Bagi Orangtua Di Lorong Cemara RT 006 Kelurahan Sukajaya. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 3 (1). pp. 29-36. ISSN 2615-2991

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (3).pdf

Download (177kB)
[img] Text
Artikel PKM.pdf

Download (303kB)
Official URL: http://ojs.ukmc.ac.id/index.php/JPM/

Abstract

Proses belajar tidak hanya terjadi lewat pendidikan formal mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas bahkan perguruan tinggi. Proses belajar yang pada hakikatnya adalah “pengembangan potensi pada peserta didik” (Syahmadi, 2013, hal.1) dapat dilakukan dimana saja. Ketika pembelajar menggunakan waktu mereka di luar jam sekolah untuk belajar, mereka harus mengenali karakter mereka masing-masing untuk mendapatkan model belajar yang sesuai dan efektif untuk mereka sendiri (Anthony, 1963, hal. 80). Di sisi lain, dukungan dari orangtua juga sangat menentukan terciptanya suasana belajar yang kondusif. Untuk itulah, pengabdian ini diadakan untuk membantu proses belajar (self learning) mereka agar pada akhrinya mereka menikmati proses belajar mereka sendiri. Kegiatan ini dilakukan lewat pendampingan belajar yang disertai dengan pengenalan model-model belajar bagi pembelajar dan model-model pendampingan belajar bagi para orangtua yang disesuaikan dengan peran orangtua. Kata Kunci: pendampingan belajar, model belajar, peran orangtua

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendampingan belajar, model belajar, peran orangtua.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Journal Publications
Depositing User: Lilik Pranata
Date Deposited: 23 Jul 2019 10:43
Last Modified: 23 Jul 2019 10:43
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item View Item