Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Alat Bantu Pembelajaran Visualisasi Finite State Automata (Versi Pembuktian Graph ke Tupel)

Jamilah, Masayu and Nurmansyah, Wawan (2018) Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Alat Bantu Pembelajaran Visualisasi Finite State Automata (Versi Pembuktian Graph ke Tupel). In: Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis 2018, 14 agustus 2018, Lampung.

[img] Text
Cover - Daftar Isi Prosiding masayu jamilah.pdf

Download (161kB)
[img] Text
1248-3090-1-PB.pdf

Download (324kB)
Official URL: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/arti...

Abstract

Media pembelajaran yang sudah banyak di buat dan di implementasikan di sekolah tinggi dan univeristas tentunya akan membantu mahasiswa dalam memahami matakuliah yang ada, khususnya matakuliah yang berkaitan dengan teoritis aritmatika. Logika matematika tentunya banyak digunakan dalam perkembangan komputerisasi, komputerisasi dalam perkembangan aplikasi komputer juga ada kaitannya dengan relasi aritmatika untuk bagian prosesnya.. Metode rekayasa perangkat lunak menggunakan prototype untuk membangan atau mengembangakan aplikasi sistem yang memiliki beberapa langkah, seperti : Listen to Customer, Build/ Revise mock-up, Costumer Test. Penyelesain dari tahapan membangun aplikasi pembelajaran automata menjadi bagian dari tahapan pengembangan aplikasi sistem pembelajaran automata dengan penerapan Finite State Automata (FSA). Hasil aplikasi dengan desain berbasis GUI (Grafik User Interface) yang di implementasikan untuk mendukung materi matakuliah automata. Implementasi aplikasi automata Grafis untuk menunjukkan hubungan antar state yang dihasilkan dari logika hasil hubungan dari masing – masing node yang ada. Aplikasi yang dihasilkan memiliki 2 bagian penting untuk bagian tahapan desain, yaitu : desain proses (flowchart) dan interface (Morkup). Hasil dari seluruh desain di implementasikan lanjut dengan aplikasi Bahasa pemrograman visual Borlan Delphi. Pengujian dengan blackbok dilakukan dengan skenario pembuktian visual Graph yang diinputkan dengan kesesuaian masukan dan yang tidak untuk melihat hasil dari Tupel berdasarkan graph tersebut yang berhasi dan tidak berhasil.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: automata, pembelajaran, aplikasi, Graph, Tupel.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Proceedings > Faculty of Science and Technology
Depositing User: Masayu Jamilah
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:00
Last Modified: 16 Jan 2019 07:00
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item View Item