Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal

., Lisnani and Asmaruddin, Sheilla Noveta (2018) Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (3). pp. 345-356. ISSN p-ISSN : 2086-4280 e-ISSN : 2527-8827

[img] Text
Jurnal Mosharafa punya Lisnani.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php...

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran dari sesuatu yang bersifat konkret menuju abstrak. Hal ini sejalan dengan materi bangun datar yang cenderung abstrak. Namun, pada kenyataannya cara pemikiran siswa bersifat konkret. Maka dari itu, untuk menjembataninya diperlukan pendekatan yang mengutamakan pembelajaran yang bersifat konkret yaitu pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Pendekatan ini dilakukan dengan cara mendesain buku ajar bilingual berkonteks kebudayaan lokal melalui serangkaian aktivitas pembelajaran bangun datar menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini merupakan penelitian design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary design, the design experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan belajar menggunakan buku ajar bilingual materi bangun datar. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan lembar aktivitas siswa. Data dianalisis menggunakan lembar validasi dari ahli. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar bilingual ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang bangun datar dari tahap informal ke tahap formal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: design research, PMRI, buku ajar bilingual, dan kebudayaan lokal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Journal Publications > Faculty of Bussiness and Accounting
Depositing User: Lisnani .
Date Deposited: 06 Nov 2018 10:39
Last Modified: 06 Nov 2018 10:39
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item