DESAIN PROTOTIPE PENDETEKSI WAJAH MANUSIA MENGGUNAKAN MEDIA KAMERA MENGGUNAKAN RASPBERRY PI 4 (Tempat Studi Kasus : Distrik Navigasi Kelas I Palembang)

Hadia, Yustinus Yoga Rahmat Patria and Nurmansyah, Wawan (2024) DESAIN PROTOTIPE PENDETEKSI WAJAH MANUSIA MENGGUNAKAN MEDIA KAMERA MENGGUNAKAN RASPBERRY PI 4 (Tempat Studi Kasus : Distrik Navigasi Kelas I Palembang). INFORMATIKA (Informatika, Manajemen dan Komputer), 16 (1). pp. 143-149. ISSN 2580 - 3042

[img] Text
635-2231-1-PB_merged.pdf

Download (816kB)
Official URL: http://www.ejournal.stmikdumai.ac.id/index.php

Abstract

Perkembangan teknologi pada era ini terjadi cukup pesat. Diantaranya terlihat pada semakin berkembangnya sistem otomasi yang membantu pekerjaan manusia menjadi lebih modern dan praktis. Di era modern ini, kejahatan cukup tinggi terutama pada pencurian server sehingga mendorong terciptanya alat-alat canggih yang disebut dengan alat pendeteksi objek pada ruang server di Distrik Navigasi Kelas I Palembang. Server merupakan suatu komputer yang melayani pelanggan, sehingga harus dilengkapi dengan teknologi canggih dan pembawa data yang besar, sehingga memerlukan sistem keamanan yang bekerja secara real time pada saat barang sampai di ruang server. Salah satunya dengan menggunakan alat pengenalan objek manusia dan pengenalan wajah berbasis Raspberry Pi 4 B dengan metode PCA (Principal Component Analysis). Hasil sistem keamanan pengenalan objek menggunakan pengenalan wajah berbasis Raspberry Pi 4 b dengan metode PCA. Sistem ini dibuat dengan kamera yang terhubung ke Raspberry Pi 4 B dan Python menggunakan library OpenCV. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa sistem keamanan untuk mengidentifikasi wajah yang dikenali dan tidak dikenali ini dapat bekerja dan menampilkan hasil reporting pengenalan wajah yang masuk pada ruang server di Distrik Navigasi Kelas I Palembang pada aplikasi berbasis website.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TS Manufactures
Depositing User: Wawan Nurmansyah
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:08
Last Modified: 07 Jun 2024 02:08
URI: http://eprints.ukmc.ac.id/id/eprint/12356

Actions (login required)

View Item View Item